Jumat, 30 September 2011

Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara


Globalisasi produksi, di mana perusahaan berproduksi di berbagai negara, dengan sasaran agar biaya produksi menjadi lebih rendah. Hal ini dilakukan baik karena upah buruh yang rendah, tarif bea masuk yang murah, infrastruktur yang memadai atau pun karena iklim usaha dan politik yang kondusif. Dunia dalam hal ini menjadi lokasi manufaktur global.


Globalisasi pembiayaan. Perusahaan global mempunyai akses untuk memperoleh pinjaman atau melakukan investasi (baik dalam bentuk portofolio atau pun langsung) di semua negara di dunia. Sebagai contoh, PT Telkom dalam memperbanyak satuan sambungan telepon, atau PT Jasa Marga dalam memperluas jaringan jalan tol telah memanfaatkan sistem pembiayaan dengan pola BOT (build-operate-transfer) bersama mitrausaha dari manca negara.


Globalisasi tenaga kerja. Perusahaan global akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai kelasnya, seperti penggunaan staf profesional diambil dari tenaga kerja yang telah memiliki pengalaman internasional atau buruh kasar yang biasa diperoleh dari negara berkembang. Dengan globalisasi maka human movement akan semakin mudah dan bebas.


Globalisasi jaringan informasi. Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui: TV,radio,media cetak dll. Dengan jaringan komunikasi yang semakin maju telah membantu meluasnya pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Sebagai contoh : KFC, celana jeans levi's, atau hamburger melanda pasar dimana-mana. Akibatnya selera masyarakat dunia -baik yang berdomisili di kota ataupun di desa- menuju pada selera global.


Globalisasi Perdagangan. Hal ini terwujud dalam bentuk penurunan dan penyeragaman tarif serta penghapusan berbagai hambatan nontarif. Dengan demikian kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi semakin cepat, ketat, dan fair.


Bisnis Internasional adalah transaksi bisnis, baik pemerintah atau swasta yang melibatkan 2 negara atau lebih.




Mengapa Perusahaan Terlibat dalam Bisnis Internasional?

1. Untuk Perluas Penjualan: penjualan companie adalah tergantung pada dua faktor: 'kepentingan dalam produk mereka atau jasa dan konsumen' konsumen kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
2. Memperoleh Sumber: produk, layanan, teknologi, dan informasi
3. Diversifikasi Sumber Penjualan dan Perlengkapan
4. Minimalkan Risiko kompetitif: perusahaan bergerak internasional untuk alasan defensif. Keuntungan dari satu pasar dapat digunakan untuk memperluas operasi di pasar lain.




TAHAP-TAHAP DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL
Perusahaan yang memasuki bisnis internasional pada umumnya terlibat atau melibatkan diri secara bertahap dari tahap yang paling sederhana yang tidak mengandung resiko sampai dengan tahap yang paling kompleks dan mengandung risiko bisnis yang sangat tinggi. Adapun tahap tersebut secara kronologis adalah sebagai berikut :
1. Ekspor Insidentil
2. Ekspor Aktif
3. Penjualan Lisensi
4. Franchising
5. Pemasaran di Luar Negeri
6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri



Rabu, 14 September 2011

Jelaskan yang dimaksud lingkungan global!

Lingkungan internasional merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.

Jelaskan yang dimaksud dengan tanggung jawab perusahaan!

Tanggung jawab social perusahaan berkaitan dengan cara suatu bisnis untuk bertindak terhadap kelompok dan pribadi lainnya dalam lingkungan dan merupakan tanggapan dari perusahaan/bisnis terhadap kebutuhan social. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 21)

Jelaskan apa yang di maksud etika bisnis!

Etika bisnis terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha. Kebenaran yang dimaksud adalah etika standar yang secara umum dapat diterima dan diakui prinsip-prinsipnya baik oleh masyarakat, perusahaan dan individu. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 22)

Jelaskan apa yang di maksud manajemen sumber daya manusia!

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu atau pegawai. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 94 : Mangkunegara;2001)

Sebutkan peran seorang manajer operasi!

Tanggung jawab seorang manajer operasi adalah mebuat keputusan-keputusan penting untuk mengubah sumber menjadi hasil yang dapat di jua. Dua macam keputusan tersebut adalah :
·         Keputusan yang berhubungan dengan desain dari system produksi manufaktur.
·          Keputusan yang berhubungan dengan operasi dan pengendalian system tersebut baik dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek.
(Pengantar Bisnis Modern; Basu Swastha & Ibnu Sukotjo W; 1993 ; Hal 281)

Jelaskan yang dimaksud manajemen operasi!

Merupakan kegiatan untuk mengatur atau mengelola agar dapat menciptakan dan menambah nilai guna atau manfaat suatu barang atau jasa. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 112)

Sebutkan peran-peran manajer keuangan!

·         Keputusan mengenai investasi, yang akan menentukan keseluruhan jumlah aktiva yang ada dan komposisi aktiva dalam perusahaan.
·         Keputusan mengenai pemenuhan kebutuhan dana, meliputi sumber dana yang digunakan, penentuan struktur modal yang optimal.
·         Keputusan mengenai dividen, bersangkutan dengan net profit yang akan dibagikan sebagai dividend an penentuan laba ditahan untuk re-investasi.
(Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 146)

Jelaskan pengertian manajemen keuangan!

Manajemen keuangan adalah salah satu fungsi operasional perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang pada dasarnya dapat dilakukan baik oleh individu, perusahaan maupun pemerintah. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 145)

Jelaskan pengertian manajemen keuangan!

Manajemen keuangan adalah salah satu fungsi operasional perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang pada dasarnya dapat dilakukan baik oleh individu, perusahaan maupun pemerintah. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 145)

Jelaskan pengertian manajemen keuangan!

Manajemen keuangan adalah salah satu fungsi operasional perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang pada dasarnya dapat dilakukan baik oleh individu, perusahaan maupun pemerintah. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 145)

Sebutkan tugas seorang manajer pemasaran!

Sebagai salah satu fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokan ke dalam dua sub bagian, yaitu:
·         Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang
·         Sub bagian penjualan umum
Masing-masing sub bagian dipegang oleh seorang manajer yang bertanggung jawab pada manajer pemasaran: dan membawahi individu-individu yang semuanya berkecimpung dalam kegiatan pemasaran. (Pengantar Bisnis Modern; Basu Swastha & Ibnu Sukotjo W; 1993 ; Hal 189)

Jelaskan pengertian manajemen pemasaran!

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan, harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 124 William J. Stanton)

Jelaskan pengertian organisasi!

Organisasi terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama dengan cara terstruktur untuk mencapai suatu tujuan. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 75)
Contoh :

Jelaskan pengertian manajemen!

Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan seluruh sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 60 Stoner, Freeman, Gilbert : 1995)

Jelaskan pengaruh bisnis terhadap perusahaan.

Pada dasarnya perusahaan adalah organisasi yang melaksanakan aktivitas bisnis. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 3), jadi perusahaan adalah wadah dimana mereka melakukan bisnis, dan bisnis merupakan kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.
Contoh :

Jelaskan jenis-jenis lingkungan bisnis!

Lingkungan ini mencakup lingkungan umum (Politik, Hukum, Sosial dan Budaya, Perekonomian, Pemerintah, Alam, Teknologi serta Demografi) atau seringkali disebut lingkungan makro dan lingkungan khusus (Pemasok, Pelanggan, Perantara, Pesaing, Penyedia Modal dan tenaga kerja) atau lingkungan mikro. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 14-20)
Contoh :

Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan bisnis!

Lingkungan dapat diartikan sebagai keseluruhan faktor-faktor luar/eksternal yang dapat mempengaruhi individu, oraganisasi, masyarakat atau sistem. Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai seluruh pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 14)
Contoh :

Sebutkan tujuan daripada bisnis!

Tujuan utama bisnis ialah mencari keuntungan/laba. Laba dapat memotivasi pelaku bisnis untuk berani mengambil resiko menanam modal untuk menjalankan bisnis dan bekerja keras serta mengorbankan waktu untuk memperluas bisnisnya. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 3)
Contoh :

Jelaskan apa yang di maksud dengan bisnis!

Definisi bisnis yaitu aktivitas-aktivitas yang terorganisir untuk menghasilkan barang dan jasa dengan bertujuan untuk mendapatkan laba. (Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 2)
Contoh :